Artikel Terbaru

Cara Menghilangkan Jerawat Juvenil Tanpa Meninggalkan Bekas

Cara Menghilangkan Jerawat Juvenil Tanpa Meninggalkan Bekas

Cara Menghilangkan Jerawat Juvenil Tanpa Meninggalkan Bekas


cara menghilangkan jerawat juvenil
Juvenil adalah jenis jerawat yang menyerang kaum remaja atau usia pubertas dengan rentan usia 14 sampai dengan 20 tahun akibat dari aktivitas hormonal. Di masa remaja, produksi hormon manusia belum terkendali sehingga produksi minyak atau sebum bisa berlebihan. Sebaiknya jangan gunakan  obat jerawat juvenil yang berbahan kimia karena jenis jerawat yang satu ini disebabkan oleh masalah hormonal sehingga jauh lebih baik jika ditangani secara alami.
Ketika jerawat juvenil ini muncul memang kamu akan merasa malu ataupun rasa percaya diri menurun, akan tetapi kamu juga harus sadar bahwa sebagian besar remaja telah mengalami hal yang sama denganmu.  Karena ingin cepat sembuh, bahkan tak jarang remaja yang memencet jerawat juvenil ini sehingga justru membuatnya semakin meradang. Belum lagi kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan bekas hitam ataupun lubang kecil di pori wajah.
Jadi supaya jerawat tidak meninggalkan bekas, hindari memencet jerawat dan lakukan pengobatan yang benar menggunakan cara-cara sehat.  Menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi air putih dan makan-makanan bergizi merupakan cara terbaik untuk mengobati jerawat juvenil. Di samping itu lakukan juga perawatan wajah menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dan meracik masker tradisional dari buah atau bahan alami.

Jerawat Juvenil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Juvenil

1. Masalah pada Kelenjar Sebum

Walaupun menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat juvenil, akan tetapi apabila kelenjar sebum ini mengalami masalah maka bisa menyebabkan kebotakan pada rambut pada seorang laki-laki. Sedangkan untuk seorang perempuan, kelenjar sebum yang mengalami masalah bisa menimbulkan hirsutisme yang merupakan kondisi pertumbuhan rambut secara tidak normal atau tidak berada pada tempat semestinya.
Aktivitas kelenjar sebum tidak bisa lepas dari peran hormon androgen dan kelenjar sebum sendiri akan diproduksi secara besar-besaran pada saat manusia menginjak usia remaja. Karena aktivitas kelenjar sebum terjadi secara besar-besaran maka sekresinya juga tinggi. Antara laki-laki dan perempuan, laki-laki jauh lebih aktif sehingga kulitnya juga lebih berminyak. Untuk wanita, efek kelenjar sebum akan mulai hilang ketika menginjak usia menopause.
Pada perempuan dengan gangguan hiper androgen maka cenderung mengalami gejala jerawat juvenil jauh lebih besar dengan presentase sekitar 10% sampai dengan 20%. 

2. Hormon Androgen

Sebenarnya hormon androgen adalah hormon yang berfungsi untuk merangsang proses pembentukan otot, kulit, tulang dan sel darah merah. Selain itu hormon androgen juga memiliki peran penting dalam kesehatan rambut. Hormon ini berfungsi merangsang tubuh memproduksi sebum yang letaknya di akar rambut kepala. Produksi minyak di kulit kepala ini berfungsi untuk menjaga rambut supaya tetap lembap dan tidak kering.
Akan tetapi dalam kondisi tertentu seperti produksi yang tidak seimbang bisa memicu munculnya jerawat juvenil. Tentu saja jerawat ini bisa membuat kulit menjadi tidak mulus sehingga harus segera diatasi. Akan tetapi kamu juga harus bijak dalam mengobati jerawat, hindari pengobatan menggunakan obat-obatan kimia ataupun krim penghilang jerawat yang belum tentu aman bagi kulit remajamu.

Cara Mengatasi Jerawat Juvenil

Hilangkan jerawat juvenil dengan bahan alami tentu jauh lebih baik dari pada penggunaan produk-produk kimia yang belum tentu aman untuk kesehatan kulitmu. Selain itu produk kecantikan ataupun perawatan di salon tentu membutuhkan biaya tidak sedikit. Oleh sebab itu alangkah lebih baik jika kamu memilih pengobatan jerawat menggunakan bahan alami seperti berikut ini.

1.       Daun Jambu Biji

Cara mengatasi jerawat juvenil ternyata bisa kamu lakukan menggunakan daun jambu biji. Hal ini disebabkan karena daun jambu biji mengandung anti oksidan serta vitamin C yang sangat bermanfaat untuk pengobatan jerawat juvenil. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri yang sangat efektif membasmi bakteri penyebab jerawat.
Cara membuat ramuan daun jambu biji untuk pengobatan jerawat juvenil tidaklah sulit. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Ambil beberapa lembar daun jambu biji lalu cuci hingga bersih
  • Panaskan air menggunakan panci
  • Setelah  air mendidih, masukkan daun jambu biji
  • Tunggu sampai air rebusan berwarna kecokelatan dan pekat
  • Angkat dan diamkan air rebusan daun jamu biji sampai dingin
Setelah rebusan menjadi dingin, oleskan air rebusan daun jambu biji ke seluruh permukaan kulit wajah menggunakan kapas lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit berlalu, cuci muka menggunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Supaya hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini seminggu dua kali. Selain jerawat teratasi, flek hitam dan keriput juga bisa diatas dengan ramuan daun jambu biji .

2.       Mentimun

Mentimun adalah bahan makanan yang sering dijadikan lalapan karena rasanya yang menyegarkan. Akan tetapi manfaat mentimun bagi kecantikan kulit wajah juga tidak bisa dipandang remeh karena buah yang satu ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat juvenil. Cara mengobati jerawat juvenil dengan mentimun juga tergolong mudah, kamu hanya perlu mencuci bersih mentimun lalu mengirisnya menjadi kecil-kecil untuk ditempelkan ke bagian muka yang berjerawat. Rasa segar akan kamu rasakan ketika menempelkan irisan mentimun di wajah. Setelah 20 menit, kamu bisa membilas wajah menggunakan air bersih.

3.       Madu Murni

Sejak zaman dahulu, madu sudah digunakan oleh nenek moyang kita di berbagai bidang baik untuk dikonsumsi, untuk pengobatan sampai dengan perawatan kecantikan. Nah, salah satu manfaat madu bagi kecantikan kulit adalah bisa mengatasi jerawat juvenil karena kandungan anti-bakteri yang cukup kuat. Seperti yang kita ketahui bahwa selain faktor hormonal, bakteri juga menjadi penyebab munculnya jerawat pada usia remaja.
Walaupun madu sangat direkomendasikan untuk pengobatan jerawat juvenil karena tidak memiliki efek samping, akan tetapi untuk hasil antara satu orang dengan lainnya tidak bisa sama karena hal ini sangat bergantung pada jenis kulit dan kondisi parahnya jerawat yang dialami.
Jerawat yang telah mengalami peradangan, terasa panas dan perih sangat cocok diatasi menggunakan madu murni karena kandungan anti-inflamasi di dalam madu. Akan tetapi yang perlu diingat adalah, pengobatan jerawat bisa efektif jika kamu menggunakan madu yang benar-benar murni. Yang dimaksud madu murni adalah madu yang tidak dicampur dengan bahan lain dan tidak mengalami proses pemanasan saat produksinya seperti yang biasa dilakukan pada pabrik produsen madu.
Cara menggunakan madu untuk mengobati jerawat adalah dengan mencampurkannya dengan aloe vera atau lidah buaya. Gel lidah buaya memang sudah dikenal sebagai obat alami menghilangkan jerawat karena di samping mengandung zat anti-inflamasi, gel lidah buaya juga bisa membuat luka cepat sembuh. Berikut ini adalah cara membuat masker madu dan lidah buaya untuk mengatasi jerawat juvenil.
  • Pertama ambil gel lidah buaya dari daun lidah buya yang sudah dicuci bersih sebanyak 1 sendok teh
  • Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dan satu sendok teh madu murni dalam sebuah wadah bersih
  • Aduk kedua bahan sampai merata
  • Diamkan beberapa saat
  • Sambil menunggu kamu bisa mencuci muka menggunakan sabun pencuci muka
  • Keringkan wajah menggunakan tisu atau handuk bersih
  • Oleskan masker madu dan lidah buaya ke seluruh kulit wajah
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit
  • Bilas wajah menggunakan air bersih
Penggunaan gel lidah buaya untuk mengatasi jerawat juvenil pada sebagian orang memang berhasil. Akan tetapi untuk kamu yang alergi terhadap gel lidah buaya sebaiknya menghindari penggunaan masker ini. Jika kurang yakin, kamu bisa melakukan percobaan sederhana. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke punggung tangan dan biarkan beberapa saat. Jika muncul efek alergi seperti gatal-gatal ataupun kulit terasa panas sebaiknya hindari pemakaian masker madu dan lidah buaya.
This Is The Newest Post
This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser